Senin, 28 Mei 2018
BAGI JAMAAH UMROH SILAHKAN VAKSINASI MENINGITIS DI KKP KELAS II PADANG JL.SUTAN SYAHRIR NO.339 NO TELPON 0751 61637 RAWANG PADANG DAN DI WILKER BIM JL.OLO BANGAU NO TLP 0751 4851789 • CALL/ SMS CENTER PENGADUAN KKP KELAS II PADANG DI 0811 66555 95 • KKP Kelas II Padang Berkomitmen menjadi Wilayah Bebas Korupsi... Berani Jujur...HEBAT!! • Selamat Datang Di Website Resmi Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang •
Berita
Info Publik Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang
Ditjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit • Nasional30 Januari 2015 - 10:09 WIB
Seminar Awam dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia 2015
Seminar Awam dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia 2015

Reporter : Humas • Editor : Operator

 

Jakarta , (29/1)  Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dr.H. Mohamad  Subuh, MPPM membuka acara “Seminar Awam dalam rangka Peringatan Hari Kanker Sedunia 2015, di Ruang Auditorium GA Siwabessy Kementerian Kesehatan Rasuna Said di Jakarta Selatan, dengan tema pada tahun ini adalah  “Kanker, Bukan di Luar Kemampuan Kita”.  Acara ini terselenggara atas kerjasama Komite Penanggulangan Kanker Nasional, pemerintah daerah, lembaga-lembaga Negara, LSM, organisasi profesi lintas program dan lintas sector serta berbagai pihak lainnya dari jajaran kesehatan.

Peringatan hari kanker sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari,dan untuk di awali rangkaian peringatan Hari kanker Sedunia 2015, dimulai dengan seminar awam.

Saat ini, penyakit tidak menular, termasuk kanker, menjadi masalah kesehatan utama baik di dunia maupun di Indonesia. Setiap tahun, 12 juta orang di dunia menderita kanker dan 7,6 juta diantaranya meninggal dunia. Diperkirakan pada 2030 kejadian tersebut dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker, namun di negara miskin dan berkembang akan lebih cepat.

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker juga cukup tinggi. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi kanker di Indonesia adalah 1,4 per 1000 penduduk. Kanker tertinggi pada wanita di Indonesia adalah kanker payudara dankanker leher rahim, sedangkanpada laki-laki adalah kanker paru dan kanker kolorektal. Berdasarkan estimasi Globocan, IARC tahun 2012 insidens kanker payudara sebesar 40 per 100.000 perempuan, kanker leher rahim 17 per 100.000 perempuan, kanker paru 26 per 100.000 laki-laki, kanker kolorektal 16 per 100.000 laki-laki.

Selain prevalensi yang cukup tinggi, pembiayaan kanker juga cukup tinggi. Hal ini karena penanganan kanker relatif lebih mahal dibanding penanganan penyakit lainnya. Pembiayaan penanganan kanker di Indonesia cukup tinggi. Pembiayaan kanker pada Jamkesmas tahun 2012 sebesar Rp. 144,7 miliar, menempati urutan ke-2 setelah hemodialisa. Angka ini akan terus meningkat jika tidak dilakukan pengendalian kanker secara optimal.

Dalam sambutannya dr. subuh mengatakan Peringatan hari kanker sedunia ini merupakan salah satu upaya pengendalian kanker untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terutama untuk melakukan upaya pencegahan dan deteksi dini. Tema  Hari Kanker Sedunia tahun ini “Kanker , bukan di luar kemampuan kita”dengan subtema :

  1. Hidup sehat untuk hindari kanker ; Memberdayakan masyarakat  untuk berpola hidup sehat dan mengurangi faktor risiko sosial dan lingkungan penyakit kanker merupakan kunci utama untuk mencapai tujuan global(international) mengurangi kematian dini akibat penyakit tidak menular (PTM) sebesar 25% pada tahun 2025 dan mencapai sasaran Deklarasi Kanker Dunia.
  2. Lakukan deteksi dini ; Masyarakat segera melakukan deteksi dini dan pemerintah meningkatkan ketersediaan  layanan program deteksi dini kanker secara signifikan sehingga dapat mengurangi beban akibat penyakit kanker.
  3. Pengobatan/ Tatalaksana untuk semua pasien kanker ; Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas dalam pengobatan kanker sesuai standard.
  4. Meningkatkan kualitas hidup ; Memahami dan menindaklanjuti dampak kanker baik secara emosional, mental dan fisik serta meningkatkan kualitas hidup bagi pasien dan keluarganya.

Pada kesempatan yang sama beliau juga mengingatkan kepada para seminar untuk :1) Cegah kanker dengan menghindari faktor risiko, kenali tanda dan gejala kanker; 2) Deteksi dan penemuan dini kanker; 3) Cegah kanker dengan tidak merokok / terpapar asap rokok, diet sehat dengan kalori seimbang dan rajin beraktifitas fisik.

Acara pertemuan di lanjutkan dengan estimoni orang yang pernah terpapar dengan kanker nasoparing dan pengalaman-pengalaman selama menjalankan pengobatan yang dialaminya. (Bi/Put/Adit humas)

 

Komentar Anda

Aplikasi KKP

Survei Kepuasan Pelanggan

Periode : November 2017

Agenda Kegiatan

Jum'at, 27 Oktober 2017

  • » 
    Pertemuan Koordinasi Program kesehatan Pada Situasi Khusus dan Bencana dengan Lintas Program dan Lintas Sektor

Agenda Kegiatan Lainnya

Video Terbaru

Media Sosial :

Layanan Telpon : 0751-61637